Jumat, 12 April 2013

Cara Mempercepat Koneksi Speedy Di Ubuntu 12.10 terbaru 2013


Cara mempercepat koneksi speedy di ubuntu 12.10 yaitu dengan mengganti DNS server secara manual. DNS ini sangat berpengaruh karena mempunyai fungsi penting dalam koneksi speedy di kost kalian. Untuk mencari DNS yang tercepat di Ubuntu 12.10 ini, kita akan menggunakan bantuan aplikasi Namebench for Ubuntu.

Prosses Instalasi NameBench

1. Cara installasi aplikasi NameBench , Buka Terminal



Terus Ketik seperti dibawah ini : lalu [Enter]

sudo apt-get install namebench
2. Kalau minata Password, Isikan password Admin kalian, lalu [Enter]
3. Akan minta persetujuan Y/N, Ketik > Y > [Enter]
4. Proses Download dan Instalasi akan berlangsung, tunggu sampai proses Selesai.

Cara menggunakan Namebech

Untuk Menjalankan NameBench ini, Gunakan Command Run atau Pencet Tombol ALT+F2


Silakan atur pilihan yang disediakan Namebench sesuai selera kalian, jika sudah selesai mengatur klik "Start Benchmark" untuk memulai proses pencarian DNS tercepat. Proses ini berjalan cukup lama, jadi harap sabar menunggu.



Setelah proses benchmark selesai, kalian akan mendapatkan laporan berformat HTML yang langsung dibuka dengan web browser. Jika sudah mendapatkan laporan, kalian seharusnya mempunyai DNS yang siap dipakai untuk mempercepat koneksi Internet.


Memakai DNS hasil pencarian (benchmarking)

Untuk memasukkan alamat DNS yang kalian dapatkan, klik pada ikon Network Manager dan pilih "Edit Connections ...". Kemudian edit koneksi yang kalian pakai, kemudian isikan alamat DNS pada bagian "DNS Servers" (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya).


pilih Koneksinya terus Klik Edit,


Masukkan DNS seperti Hasil dari Bencmarking di recommend tadi.


Jangan lupa mengklik "Save" untuk menyimpan setingan. Mungkin, kalian juga perlu untuk meng-connect ulang koneksi yang sudah ada (alias disconnect lalu connect lagi) untuk dapat melihat perubahan.

Catatan: kemungkin ini tidak bekerja pada koneksi dial-up

Tidak ada komentar: